Monday, February 1, 2010

risol buat yang tersayang...

sore-sore ngoprek isi kulkas, eh ketemu wortel 2 biji, buncis 10 biji, ada sisa saus spageti... eh liat ke kolong meja dapur ada kentang... langsung terpikir buat bikin ragout untuk isian risol. jadi lah sambil ngawasin unyil maen di teras, bunbun ngiris kecil-kecil bahan-bahan isian.

abis itu panasin wajan, tumis bombay cincang, terus masukin sayuran dan sisa saus spageti, bumbu penyedap. gak lama, sayuran lunak, tinggal tambahin susu bubuk dan dikentalin dengan menambahkan larutan maizena. selesai!! eh belum... tiba-tiba ingat punya keju quick melted.. yo wes cemplungin mumpung masih anget tuh ragout. leleh deh... cobain... wahhh!!! lecker pisan euy!!

istirahat sebentar, mandiin bocah. habis mahgrib, lanjutin bikin kulit. bahan kulit cuma tepung terigu 250 gr, air secukupnya dan 1 buah telur. bisa tambah daram sedikit supaya gak tawar. setelah dicampur dan menjadi larutan yang kalis (*kalis yah istilahnya...? apa yah? pokoknya yang solid banget deh, gak ada grunjul-grunjulnya), kemudian buat menjadi dadar (kurang lebih jadi sekitar 20 lembar deh). kelar kulitnya, isi deh dengan ragout, lalu celup di telur, lalu ke tepung panir. dah kelar dipanir, simpan deh di kulkas. besok pagi tinggal digoreng untuk sarapan.

*ceritanya sudah malam nih, terus tidur.. Zzzz... zzzzz... *

*nah sekarang sudah pagi deh*

saatnya menggoreng... goreng-goreng yuk kita menggoreng... :)

ini dia risol kita... taraaaa!!!





sarapan pun siap. ilman minta 1 buah untuk bekal sekolah. duh senengnya...!
gak sia-sia deh nguplek di dapur... hehehe...

**) takaran mang gak disajikan kayak di resep-resep pada umumnya, maklum mang gak pake takaran sih kalo bikin. mengandalkan perasaan semata... cieee istilahnya.. :))

0 comments: